Sunday, August 22, 2010

Menjawab surat Nadiya



Nadiya menulis surat ( email ) kepada Bu Wiwi, bertanya: ” Bu wiwi, saya mau tanya… saya mulai coba2 bikin rok lagi (tentunya waktu si kecil bobo).. saya bikin pas pinggang saya, tapi ko sempitnya minta ampun ya? Kalopun di besarkan, sebaiknya nambah berapa cm ya bu? ”

Bu Wiwi menjawab:

” Hi, Nadiya, syukur sudah mulai bikin2 lagi, :)
Menjawab 2 pertanyaan Nadiya,

1. Kok sempitnya minta ampun?

Apakah Nadiya menggunakan ukuran dahulu sebelum melahirkan ? Biasanya orang setelah melahirkan, setelah punya anak, ukurannya pasti berubah. Maka, Nadiya harus mengukur ulang terlebih dahulu, mengukur: lingkar pinggang, lingkar pinggul I, lingkar pinggul II dan panjang rok.
Setelah mendapatkan ukuran up to date, buatlah pola dasar rok nya, lalu membuat pola rok sesuai design ( model ) yg Nadiya mau. Selalu check and recheck ukuran di pola dengan ukuran badannya apakah sama.

2. Kalopun di besarkan, sebaiknya nambah berapa cm ya bu?

Wah, saya tidak bisa menjawab, karena saya tidak melihat Nadiya memakai rok itu, dan saya tidak tahu berapa ukuran pinggang Nadiya dan ukuran pinggang rok yg sudah jadi itu. :(

Untuk tahu besarkan berapa cm, ada 2 cara:
a, Nadiya pakai itu rok, lalu lihat ( ukur ) berapa cm yg tidak dapat ditutup ( dengan zipper ) itu. Kekurangan itu lah yg harus ditambah.
Nadiya bisa tambahkan dari kedua sisi rok, misalnya kurang 5 cm, maka, kanan +2,5 cm, kiri + 2,5 cm.

b, Nadiya ukur lingkar rok yg sudah jadi, cocokkan dengan ukuran pinggang yg Nadiya ukur ( ukuran baru ), selisihnya adalah besar yg harus ditambahkan. Cara penambahannya sama, bagi rata kanan dan kiri.

Semoga dapat membantu menyelesaikan masalah nya. Silahkan Nadiya tanya2 lagi ya. hehehe……….Kapan mau main2 kesini? “

No comments:

Post a Comment